Senin, 24 Maret 2008

Multiple BOOT Ubuntu dan Windows

pc saya di kantor udah totally Ubuntu, tapi sehubungan di rumah juga kadang-kadang suka ngotak-ngatik, ya saya berencana migrasiin juga ke linux...
nah, karena dirumah usernya bukan cuman saya, istri saya juga menggunakannya, saya tentu saja nggak bisa menghilangkan OS yang sudah dikenal istri tercinta, WinXP Pro (OEM dong). Beberapa hari pertama saya enjoy aja pake tuh komputer di rumah dengan dual-OS, baru kemudian menyadari bahwa istri saya nggak pernah nyalain komputer, usut punya usut, istri saya yang rada "males-teknologi" pernah ngidupin komputer dan muncul tampilan yang tidak bisa dimengerti (XWindows pun harus dikenalkan dulu), makanya dia males...
gimana caranya biar default OS itu Windows
saya menemukan ini di rumah, dengan bantuan keyword GRUB (sehubungan di rumah nggak ada internet, jadi nggak bisa nanya mbah gugle).
- run terminal
- ketik sudo nano /boot/grub/menu.lst
- cari list boot yang ada beberapa baris yang berawalan "title" "root" "initrd"
- nah lihat bagian yang windows, salin ulang semua baris dan simpan di baris sebelum startup UBUNTU.
- save file ke nama yang sama.
keluar dari terminal, nggak bayar, pas masuk aja bayar retribusi Rp.200,-

reboot komputer, maka startup default adalah windows.

Tidak ada komentar: